salam persaudaraan

salam persaudaraan
Siswa SMK BINA MADINA

bunga intan sulistiana

Loading...

Sabtu, 12 Februari 2011


Makalah
Ekstrakurikuler di Sekolah


Disusun oleh :
1. Bunga Intan
2. Errene Iswanto
3. Lazim Evendi
4. Nurhidayanti







SMK BINA MADINA
ADMINISTRASI PERKANTORAN BERBASIS IT
2011




BAB I
Pendahuluan

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Di Indonesia, ekstrakuler sekolah bukanlah hal yang baru lagi. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak lama, bahkn di Sekolah Dasar (SD) sudah mulai dikenalkan dengan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Siswa sekolah dasar yang menjadi anggota pramuka dimasukan dalam kelompok siaga. Kegiatan yang dilakukan adalah berlatih sesuai dengan jadwal missal satu minggu sekali pada sore hari atau di luar jam sekolah. Pada saat-saat tertentu diadakan perkemahan sabtu minggu atu yang lebih akrab lagi disebut dengan persami. Kegiatan pramuka hampir menyentuh seluruh sekolah yang ada di Indonesia baik di desa maupun di kota.
Pada tingkat SMP/SMA, ekstrakurikuler berkembang dan bertambah jenisnya. Tidak hanya pramuka tetapi meliputi kegiatan-kegiatan seperti usaha kesehatan sekolah, kegiatan seni dan kegiatan olah raga. Para siswa umumnya ikut dalam satu kegiatan ekstrakurikuler bahkan ada yang mengikuti dua ekstrakurikuler sekaligus. Kegiatan ekstrakurikuler dikoordinasikan oleh sekolah dan dibimbing oleh guru maupun tenaga yang dikelolah sekolah.
Kegiatan ekstrakurikuler telah berlangsung lama dan diikuti para siswa. Ekstrakurikuler dapat disebut sebagai bagian dari pendidikan dalam arti luas. Dengan demikian kegiatan ini juga merupakan proses sisematis dan sadar didalam membudayakan warga negara muda agar memiliki kedewasaan sebagai bekal kehidupannya.
Makalah ini disusun untuk memperkenalkan macam-macam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMK BINA MADINA serta peran dan manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler tersbut.

B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “ekstrakurikuler di sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah serta fungsi dari kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
1. Bagaimana peran ekstrakurikuler terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah.
2. Bagaimana cara agar ekstrakurikuler banar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?

C. PEMBATASAN MASALAH
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
1. Peran kegiatan ekstrakurikuler terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah.
2. Cara-cara agar ekstrakurikuler sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

D. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran ekstrakurikuler terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
2. Bagaimana deskripsi cara agar ekstrakurikuler sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?

BAB II
PEMBAHASAN

Kegiatan ekstrakurikuler adalah ajang pembentukan bakat dan ajang kreativitas siswa. Ekstrakurikuler memiliki banyak manfaat, beberapa manfaat adalah untuk melatih siswa agar menjadi lebih mandiri, mengasah kemampuan siswa yang selama ini masih terpendam dan membuat siswa menjadi lebih kreatif.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan ekstrakurikuler, fungsi ekstrakurikuler di dalam lingkungan sekolah. Terlebih untuk SMK BINA MADINA.

A. TUJUAN EKSTRAKURIKULER
Tujuan utama penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan dengan cara mengasah kemampuan dari otak kanan siswa yang lebih identik dengan kreativitas, persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna, berpikir lateral, tidak terstruktur, dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail.
Sedangkan tujuan lainnya adalah agar bakat dan minat siswa bisa disalurkan dan dikembangkan melalui kegiatan Ekstrakurikuler sehingga kemampuan atau bakat tidak hanya dijadikan hobi, melainkan bisa membuahkan prestasi.
Sama seperti sekolah lainnya, SMK BINA MADINA juga memiliki banyak ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswanya. Jenis ekstrakurikuler yang ada di SMK BINA MADINA antara lain adalah :
1. Multimedia (IT)
2. English Conversation
3. Seni Musik
4. Jurnalistik, Karya Tulis Ilmiah (KIR)
5. Pecinta Alam
6. Olahraga dan Atletik
7. Keterampilan Bahasa Jepang
8. Mading
9. Qasidah Kontemporer
10. Design Grafis & Video klip
Ekstrakurikuler dilaksanakan setiap hari sabtu pada jam pengembangan diri. SMK BINA MADINA memiliki 2 ekstrakurikuler wajib yang wajib untuk diikuti seluruh siswa yaitu ekstrakurikuler Multimedia (IT) dan English Conversation. Jam pelaksanaan eksrtakuler tersebut dilakukan secara bergilir antar 2 kelompok dan pelaksanaan ekstrakurikuler pilihan dilaksanakan setelah kedua ekstrakuler wajib tersebut selesai dilaksanakan.
Multimedia atau lebih akrab lagi di sebut dengan IT adalah ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa di SMK BINA MADINA secara rutin setiap hari sabtu. Ekstrakurikuler ini bibimbing langsung oleh I Gede Eka Wiantara, ST. sarjana teknik dari universitas Udayana Bali. Tujuan diadakan ekstrakurikuler tersebut untuk tercapainya kompetensi (kemampuan) siswa dalam keterampilan IT sebagai dasar ilmu dan kerja kesekretariatan.
English Conversation juga salah satu ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa SMK BINA MADINA yang dilakasanakan setiap hari sabtu setelah atau sebelum ekstrakurikuler multimedia dilaksanakan dan dilakukan secara bergantian. Ekstrakurikuler ini dibimbing oleh Nurul Janah, S.Pd. lulusan dari IKI PGRI di Bojonegoro Jawa Timur. Tujuan diadakannya ekstrakurikuler ini adalah untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan berbahasa inggris dengan baik. Club ini menggunakan suatu metode pembelajaran yang di sebut “English Area” yauitu area atau tempat dimana siswa tidak di perbolehkan untuk berbahasa Indonesia melainkan ditekankan menggunakan bahasa inggris, walaupun terkesan sangat disiplin tetapi sesungguhnya metode ini sangat mengasikan untk di ikuti serta menimbulkan tantangan tersendiri bagi para siswa.
Seni Musik adalah salah satu ekstrakurikuler pilihan yang tidak wajib untuk diikuti tetapi bisa untuk diikuti bagi para siswa yang berminat dan mempunya potensi pada bidang musik. Ekstrakurikuler ini dibimbing langsung oleh I Gede Eka Wintara, ST. yang selain dia ahli pada bidang teknologi, beliau juga sedang aktif mengelola sanggar musik yang telah diikuti banyak siswa dari berbagai kalangan.
Jurnalistik, Karya Tulis Ilmiah (KIR) salah satu ekstrakurikuler pilihan yang bersifat positive bertujuan untuk menyalurkan bakat inspirasi siswa. Agar siswa lebih kreatif dan memilik wawasan yang luas. Siswa di harapkan mampu menerapkan pada metode pembelajaran, yang bertujuan melatih keterampilan dan intelektualnya.
Pecinta Alam, Merupakan ekstrakulikuler yang sangat digemari oleh siswa selain refreshing siswa dapat belajar mengenai ilmu pengetahuan alam dan bisa menjaga serta melestarikan lingkungan. Kegiatan ini juga bisa melatih mental siswa agar lebih kuat dalam fisik maupun psikis.
Olahraga dan Athletik, Merupakan ekstrakulikuler yang sangat penting dan merupakan suatu hal yang wajib bagi siswa. Karena selain belajar siswa juga harus mementingkan kesehatan badaniyah agarm menjadikan siswa lebih sehat jasmani.
Ketrampilan Bahasa Jepang, Merupakan ekstrakulikuler yang tidak kalah pentingnya dengan ekstrakulikuler yang lain sebab ketrampilan berbahasa sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Apalagi kita berada di Pulau Dewata, tempat pariwisata yang sangat digemari oleh wisatawan-wisatawan asing. Jadi siswa haru memiliki skill dlam bahasa jepang ini. Maka ketrampilan bahasa jepang ini kami masukan dalam kumpulan kegiatan ekstrakulikuler ini.
Mading, kegiatan ini paling rutin dilakukan setiap dua minggu sekali. Mading sangat melatih kreatifitas dan bakat siswa. Mading sebagai sarana penyaluran bakat siswa sekaligus hiburan bagi siswa.Dengan adanya mading sekolah, siswa dapat tertarik untuk membacanya dan sebagai ajang mengeluarkan unek-unek di hati. Mading sangat berguna sebagai penilaian sekolah yang organisasinya sudah maju.
Qasidah Kontemporer,extrakulikuler yang sangat baik untuk meningkatkan keberanian siswa untuk tampil berbeda. Qasidah dapat melatih suara siswa menjadi merdu dengan ayat – ayat suci Al- Qur’an.Qasidah kontemporer sangat penting diadakan di sekolah, khususnya sekolah yang bernuansa islami. Qasidah dapat di laksanakan oleh siswa saat melangsungkan acara- acara di sekolah.
Design Grafis & Video klip,suatu extrakulikuler yang melatih keterampilan IT siswa. Dimana siswa bisa langsung terjun menggunakan alat dan membuat suatu perfilman. Siswa di harapkan untuk tidak ketinggalan teknologi yang sangat maju di Zaman sekarang ini. Dengan mengikuti extrakullikuler ini, siswa bisa terlatih dan terbiasa dengan alat teknologi yang nantinya tidak canggung saat bekerja di suatu instansi yang sudah memakai alat teknologi yang sangat canggih.

B. FUNGSI EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH
Berdasarkan tujuan ekstrakurikuler di sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi ekstrakurikuler, sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah ekstrakurikuler memberikan bahan materi yang secara tidak langsung berhubungan dengan kegiatan pembelajaran, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa dalam berinteraksi dengan orang lain, dan mengembangkan gaya pikir.
2. Fungsi Rekreatif
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah ekstrakurikuler disamping mendidik siswa agar dapat mengembangkan potensi mereka juga siswa dapat menjadikan kegiatan ini menjadi kegiatan yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
3. Fungsi Penelitian
Yang dimaksud dengan fungsi penelitian ialah ekstrakurikuler dapat dijadikan sebagai sumber / objek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.

C. SUMBANGAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH
Bila diperhatikan secara jernih, maka ekstrakurikuler sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan ekstrakurikuler antara lain :
1. Ekstakurikuler merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
2. Ekstrakurikuler akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
3. Ekstrakurikuler merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
4. Ekstrakurikuler memberikan kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
5. Ekstrakurikuler merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
6. Ekstrakurikuler memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
7. Bahkan ekstrakulikuler juga dapat menjauhkan siswa dari tindakan kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.

BAB III
PENUTUP
Kegiatan ekstrakurikuler adalah ajang pembentukan bakat dan ajang kreativitas siswa. Kegiatan eskul ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat dan kemampuannya di berbagai bidang diluar akademik.
Manfaat kegiatan ini untuk wadah penyaluran hobi, minat, dan bakat para siswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, dan meningkatkan rasa percaya diri. Akan lebih baik bila mampu memberikan prestasi gemilang di luar sekolah sehingga dapat mengharumkan nama sekolah.

A. KESIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Kegiatab Ekstrakurikuler di Sekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan Ekstrakurikuler sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
2. Ekstrakurikuler sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.

B. SARAN
Bertolak dari peranan ekstrakurikuler yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun memberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya kegiatan ekstrakurikuler sekolah dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
2. Peran pembina ekstrakurikuler di sekolah yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pembina yang handal dan profesional.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.scribd.com/doc/3304118/MAKALAH
http://www.pendidikanislam.net/index.php/untuk-siswa-a-mahasiswa/37-trampil-belajar/104-ciri-ciri-makalah-yang-bagus-
http://www.scribd.com/doc/9215499/Tata-Cara-Penulisan-Makalah-21
http://www.kulinet.com/baca/pentingnya-ekstra-kurikuler-di-sekolah/328/
http://rizkythea.blogspot.com/2009/12/contoh-makalah.html

1 komentar:

  1. A. KESIMPULAN
    Berdasarkan uraian bahasan “Kegiatab Ekstrakurikuler di Sekolah” dapat disimpulkan bahwa


    LUMAYAN CANTIK

    BalasHapus